Friday, June 14, 2013

Breeding Sugar Glider

Sebelum memutuskan untuk menternakkan SG, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Banyak yang mengira menternakkan SG sangat mudah yaitu hanya menyediakan sepasang indukan dan menyediakan makanan dan minuman lantas membiarkan begitu saja mereka kawin secara alami. Breeding Sugar Glider.

Hal ini adalah 100% benar adanya.

Tetapi diluar hal itu masih banyak yang harus dipertimbangkan untuk menternakkan SG. Banyak faktor yang mempengaruhi agar SG bisa beternak seperti : lingkungan dan makanan. Namun ada salah satu faktor yang sering dilupakan oleh semuanya yaitu cocok dan tidak cocoknya SG pasangan itu. Kenapa saya mengajukan teori ini ??? Saya mempunyai SG jantan yang telah memasuki usia kawin yang dijodohkan selama 3 bulan lebih dengan SG titipan teman yang juga telah memasuki usia kawin. Tapi mereka belum menghasilkan keturunan hingga saatnya SG betina itu kembali kepada ownernya. Berbanding sebaliknya dengan SG betina kesayangan saya yaitu Aimmee yang hanya disatukan selama 3 minggu dengan pasangan SG titipan teman (karena waktu itu saya tidak mempunyai kandang lagi), ternyata Aimmee langsung diketahui positif hamil setelah SG jantan tersebut kembali kepada ownernya. Meskipun sebenarnya pada usia 6 bulanan sudah bisa untuk menghasilkan keturunan tetapi dengan resiko yang sangat besar dalam penolakan joeynya.

Sebelumnya mari kita mengetahui proses seksual dari SG tersebut. Jantan biasanya memasuki usia dewasa pada umur 4 sampai dengan 12 bulan, biasanya ditandai dengan pitak dikepala mereka. Pada betina, biasanya memasuki usia dewasa ketika berumur 6 sampai dengan 18 bulan tergantung dari kondisi dan asupan makanan dia. Semakin muda SG betina hamil, semakin besar kemungkinan SG betina itu menolak joeynya. Betina biasanya memiliki masa produktif diantara umur 5-8 tahun. Bahkan ada beberapa yang melebihi masa produktif itu.

Sugar Glider biasanya menghasilkan joey sebanyak 1-2 joey sekali melahirkan, dan kawin 1-3 kali dalam setahun. Pada dasarnya SG bisa menghasilkan sampai dengan 4 joey sekali melahirkan, tetapi hal ini sangat jarang ditemukan. Periode kehamilan adalah 16 hari. Begitu lahir (seukuran bji beras) joey yang masih buta akan merangkak ke arah kantung ibunya dan biasanya dibantu oleh ibu dan bapaknya. Jika 'perjalanan' ini berhasil, joey itu akan menghabiskan waktunya selama 2.5 s/d 3 bulan masa hidupnya di dalam pouch itu. Sang jantan akan tetap dengan sang betina sampai dengan proses kelahiran ini.


Untuk proses kelahiran joey tersebut telah diberikan pada postingan berbeda di blog ini.

Keputusan untuk menjadi breeder janganlah dianggap sepele, seperti yang telah disebutkan diatas. Kita tidak bisa hanya meletakkan pejantan dan betina dalam satu kandang lantas biarkan alam yang mengambil alih. Sesuai dengan naluri mereka berkembang biak. Menternakkan SG memerlukan tanggung jawab yang sangat besar dan tidak bisa dianggap remeh hanya karena keuntungan yang ingin didapat saja.
Beternak SG memerlukan banyak waktu. Ketika betina mempunyai Joey dikantongnya, kita harus bisa memastikan bahwa makanan yang bergizi kaya protein dibutuhkan oleh mereka. Kita juga harus memastikan bahwa lingkungan sekitar mereka harus terbebas dari stress yang bisa di alami mereka.
Ketika Joey keluar dari kantung ibunya (OOP), waktu kita bahkan lebih tersita lagi karena harus membiasakan joey itu dengan sentuhan manusia, kita harus lebih sering menghandle Joey agar terbiasa dengan sentuhan manusia.
Bahkan terkadang kita harus membesarkan Joey itu sendiri apabila Joey tersebut ditolak oleh induknya.
Kita juga harus menyediakan waktu untuk mempromosikan Joey tersebut untuk mencari pembeli yang benar-2 perhatian dengan SG.
Banyak calon adopter yang terpikat setelah melihat kelucuan SG, tapi tidak mempunyai pengetahuan yang cukup tentang SG. Mereka berfikir bahwa membesarkan SG cukup hanya menyediakan bubur bayi dan minuman secukupnya di dalam kandang saja.
Penjual yang bertanggung jawab harus dapat memberikan informasi yang sesuai dan benar kepada pembelinya tentang SG, seperti makanan yang sehat, cara bondingnya, masalah kesehatannya dll.

 Berikut ini ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menjadi breeder :

Kenapa ingin menternakkan Sugar Glider ?

Apakah anda ingin menjadi peternak untuk menghasilkan keuntungan atau memiliki pengalaman menakjubkan dengan melihat dan merasakan proses kelahiran yan begitu menakjubkan yang telah ALLAH berikan kepada mereka???
Permintaan akan SG akhir-2 ini di akui memang mengalami peningkatan yang sangat pesat. Seiring dengan mulai diterimanya SG sebagai hewan yang sangat menggemaskan apalagi setelah liputan tentang SG telah ditayangkan oleh stasiun TV. Jumlah SG di pasar hewan telah mengalami permintaan yang melebihi dibanding sebelum hasil liputan tersebut.
Anda harus memikirkan matang2 pilihan anda sebagai calon seorang breeder, baik atau buruknya pilihan ini. Ada banyak SG terlantar di negeri ini yang memerlukan perawatan karena orang berpikir mereka adalah hewan peliharaan yang tepat untuk mereka, atau bahwa mereka mudah untukdirawat.
  
Apakah Anda berfikir mudah untuk mendapatkan keuntungan dari beternak itu ???
  
Harga rata-rata SG di indonesia adalah Rp 400.000 s/d Rp 800.000 per ekor dan dipercaya perlahan-lahan akan semakin turun. Pada saat anda membeli se ekor SG, diet berkualitas tinggi, kandang yang layak, mainan yang  aman, aksesoris, dan biaya biaya perawatan lainnya, "keuntungan" anda untuk mendekati titik impas  tidak lebih dari Rp 1 untuk se ekor joey.
Membersihkan kandang, dan mempertahankan standar perawatan yang tepat adalah mahal, termasuk juga semua finansial, fisik, dan emosional. Ada banyak hal yang harus dilakukan untuk seorang peternak yang baik untuk memastikan SG tersebut sehat. Kandang besar, diet yang baik, perawatan serta penanganan yang baik dalam kesehatannya. Satu hal yang pasti, memutuskan menjadi peternak SG bukan suatu pekerjaan yang anda harapkan akan mendapatkan penghasilan yang berlimpah.


Apakah Anda siap untuk kemungkinan kehilangan hewan peliharaan Anda ???


Beberapa induk SG mungkin menjadi kurang tertarik pada anda ketika mereka mulai berkembang biak dan membuat keluarga. Beberapa hewan dapat menjadi sangat pemarah. Bahkan SG paling manis dan ter bonded yang kita adopt dr joey mungkin mulai menggigit, crabbing dan menjadi sangat protektif melindungi joey mereka. Ini tidak terjadi untuk semua Sugar Glider, tapi penting untuk mengetahui bahwa itu bisa saja terjadi.

Apakah anda mempunyai pengetahuan dan memiliki pengalaman dalam perawatan Sugar Glider ???

Sangat penting untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dalam perawatan Sugar Glider anda. Anda perlu belajar perawatan dasar, kesehatan dan diet sebelum memulai program breeding. Bagaimanapun, SG yang sehat dan jinak akan menghasilkan joey yang sehat pula. Pemilik baru dan akhirnya berpengalaman biasanya  belajar hal baru dari SG karena pengalaman. Standar yang baik adalah memiliki SG selama 1 tahunan sebelum memutuskan apakah menjadi peternak adalah pilihan yang tepat bagi Anda. Jangan pernah berfikir memiliki SG lantas langsung memutuskan menjadi seorang breeder.

Apakah Anda siap untuk biaya, dan stres

Beternak SG bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan, tapi tidak selamanya akan berjalan mulus sesuai mimpi termanis kita. Masalah kesehatan muncul, dan untuk menyediakan kebutuhannya seperti makanan dan kesehatannya perlahan akan bertambah. Joeys dapat ditolak, membutuhkan handfeed setiap waktu agar si kecil dapat bertahan hidup. Beberapa SG mungkin tidak berkembang biak. Beberapa Sugar Glider akan berkembang biak begitu mereka mencapai kedewasaan, sedangkan yang lain mungkin hidup bersama selama bertahun-tahun dan tidak pernah berkembang biak. Beternak Sugar Glider tidak selalu merupakan pengalaman yang menyenangkan, dan penting bahwa anda harus mempunyai waktu, dan pengetahuan untuk menghadapi stres yang bisa datang dalam proses breeding ini

Apakah ada dokter hewan setempat yang memiliki pengetahuan yang cukup tentang Sugar Glider ???

Hal ini sangat penting bagi kesehatan SG anda dan joeys anda nantinya. Seorang Peternak setidaknya harus menemukan dokter hewan yang mampu menangani SG, meskipun di Indonesia sangat jarang menemukan seorang dokter hewan yang mempunyai pengetahuan tentang SG. Tagihan dokter hewan bisa mahal, tapi dengan perencanaan yang tepat, perawatan pencegahan, dan pengawasan yang ketat, hal ini dapat membuat SG anda sehat dan bahagia.


Berapa banyak dan apa jenis Sugar Glidernya ??? 

Jadi anda telah memikirkannya, dan memutuskan untuk melanjutkan dan mulai menjadi breeder??? Sekarang anda harus berpikir tentang apa jenis glider yang anda inginkan di kembangbiakkan. Ada begitu banyak jenis Sugar Glider sekarang, tapi kebanyakan dari mereka jarang, dan investasi awalnya sangat tinggi. Apakah anda hanya menginginkan satu pasangan, mungkin lebih? Jika Anda belum pernah mengembangbiakkan Sugar Glider sebelumnya, mulailah perlahan-lahan, jangan langsung terburu-buru dengan memimpikan keuntungan yang banyak yang akan diraih.

No comments:

Post a Comment